Minggu, 29 Agustus 2010

Sejarah SAINS dan TEKNOLIGI Islam

Sejarah adalah yang telah atau sudah dilalui.
Sains dapat di artikan secara unun adalah pengetahuan yang didapat secara sistematis tentang struktur dan perilaku dari segala fenomena yang ada di jagat raya dan seluruh isinya baik alam maupun sosial.
Teknologi merupakan aplikasi dari sainssebagai tuntutan manusia terhadap kehidupan yang lebih baik atau aplikasi dari temuan yang dapat ditunjukan dengan hasil nyata dan canggih, dapat mendorong manusia untuk berkembang.

Kemajuan sains dan teknologi telah memberikan kemudahan dan kesejahteraan kapada seluruh umat manusia yaitu merupakan sarana bagi kesempurnaan sebagai hamba Alloh SWT dan Khalifah, karena Alloh telah memberikan anugrah kepada manusia yang saling melengkapi yaitu kemudahan agama dan sains dan teknologi.

Pada abad ke-7 telah banyak lahir pemikir islam yang tangguh dan produktif dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun akhirnya umat islam melepas kepeloporannya, dan bangsa barat dengan mudah mengambil ilmu dan teknologi dalah dunia islam dengan membuat kelicikan yaitu membelunggu para ilmuan islam, sehingga sampai pada saat ini bangsa barat yang menjadi pelopor dari penemuan-penemuan yang blirian ilmu dan pengetahuan dan teknologi yang di hasilkan oleh para ilmuan islam. Sehingga mereka merasa memiliki hak dan emngkaim bahwa penemuan tersebut adalah hasil mereka. Mereka pun memiliki kesombongan yang amat tinggi, dan merela pun tidak sadar bahwa kesombongan dapat membuat mereka celaka.

Pada abad kembalinya budaya yunani,ilmuan-ilmuan Eropa dengan bangga mengklaim bahwa penemuan sains dan teknologi adalah hasil mereka.

Beberapa contoh sains dan teknologi islam yang berkaitan warisan Hellenisme Yunani adalah fisika, kimia, matematika, pertanian, kedokteran, dan lain-lain. Bagian fisika yang paling menonjol adalah tentang teori optik yang dikembangkan oleh Ibn al-Haitsam dalam karya nya adalah Kitab al Manazir. ibnu sina dan Muhammad Ibn zakaria telah membuktikan pengetahuannya tentang teknologi farmasi dan kedokteran.

Sejak 5000 tahun SM bangsa mesir menghasilkan piramid, sejak 4000 tahun SM kebudayaan india terkungkung oleh metafisika dan pantheisme,
perkembangan sains dan teknologi dalam islam yang terangkum dalam kebudayaan islan zaman sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar