Senin, 30 Agustus 2010

Akidah dan Akhlak Teknokrat Muslim

Akidah menurut bahasa adalah ikatan, janji, dan akad. Akidah adalah ajaran-ajaran suatu agam tentang keimanan merupakan tali pengikat dan janji setia yang harus di yakini kebenaran nya dan harus di patuhi oleh pemeluknya.

Akhlak menurut bahasa adalah sifat atu tabiat, sedangkan berdasarkan istilah adalah kumpulan sifat yang dimiliki seseorang yang melahirkan perbuatan baik dan buruk. masalah akidah dan akhlak dalam islam sangat mendapat perhatian yang sangat besar. Akhlak meliputi jangkauan yang sangat luas dalam semua bidang kehidupan

Ajaran islam adalah ajaran yang bersumber dari wahyu Alloh SWT, al- qur'an dalam penjabarannya terdapat pada hadis nabi Muhammad SAW.
Keruntuhan akhlak zaman sekarang terlihat dari pergaulan bebas antara anak laki-laki dan perempuan yang tidak ada batas nya dan tidak memiliki rasa malu, berkelakuan tidak baik antara laki-laki dan perempuan di tempat yang ramai atau pun yang sepi, anak-anak sudah banyak yang tidak menghormati ayah, ibu, dan orang-orang yang lebih dewasa dari pada mereka sendiri, terlalu sedikit umat islam yang boleh membaca al-qur'an dan menghayati isinya sebagian besar dari kita tidak mengeti isinya al-qur'an apalagi mengamalkannya, banyak nya manusia yang tidak lagi menghormati budaya melayu khususnya budaya islam sendiri sejak dahulu, keberanian manusia dalam memakan dan meminum hal-hal yang halal tanpa takut akan dosa dan akibatnya.
hal-hal di atas adalah sedikit faktor yang menjadikan keruntuhan akhlak yang terjadi di era moderen sekarang.
Akidah dan akhlak umat manusia zaman sekarang sudah banyak mengalami keruntuhan, hal ini perlu sekali kita perbaiki, di awali oleh kesadaran kita sendiri terhadap akidah dan akhlak-akhlak yang sesuai dengan ajaran yang kita anut yaitu agama islam. kesadarab itu dapat kita tumbuhkan dengan awal yaitu melatih menumbuhkan rasa malu, melu dalam melakukan dosa, malu dalam mengonsumsi sesuatu yang haram, dan rasa melu terhada Alloh SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar